Apa itu pemasaran?
Menurut AMA (American Marketing Association), pemasaran adalah suatu proses perencanaan & menjalankan konsep, harga, promosi & distribusi sejumlah ide, barang & jasa untuk menciptakan pertukaran yang mampu memuaskan tujuan individu & organisasi.
Sementara dalam pemasaran terdapat 3 kegiatan antara lain:
1. Mendapatkan pasar
2. Mengembangkan pasar
3. Mempertahankan pasar
Apabila sebuah perusahaan mampu melakukan ketiga hal di atas maka profit/keuntungan dapat diraih.
Apa itu pasar?
Pasar adalah orang-orang yang memiliki kebutuhan akan produk atau jasa yang kita jual & memiliki dayabeli yang cukup untuk memenuhi kebutuhannya itu. Artinya di dalam pasar ada 3 unsur:
Orang-orang dengan segala keinginannya
Daya beli
Tingkah laku/motif dalam pembelian mereka
Jadi, pasar tidak lagi bicara mengenai tempat tetapi sebagai sasaran
Jenis-jenis pasar berdasarkan siapa pembelinya:
1. Pasar konsumen yaitu suatu barang atau jasa yang dibeli langsung dipakai/dipergunakan
2. Pasar pedagang yaitu suatu barang atau jasa dibeli untuk dijual kembali untuk meraih profit
3. Pasar industri yaitu suatu barang dibeli untuk diolah kembali di pabrik & hasilnya dijual kembali untuk meraih profit
4. Pasar pemerintah yaitu suatu barang dibeli oleh pemerintah untuk dimanfaatkan oleh masyarakat
5. Pasar internasional yaitu kegiatan jual beli dalam skala seluruh dunia
Jenis-jenis pasar berdasarkan tujuan pembeliannya:
Pasar konsumen akhir, artinya barang atau jasa yang dibeli langsung dipakai
Pasar konsumen antara/pasar konsumen bisnis, artinya barang atau jasa yang dibeli tidak langsung dipakai tetapi diolah dulu atau dijual kembali untuk meraih profit
Jadi, definisi pemasaran adalah:
1. Kegiatan manusia yang diarahkan pada usaha untuk memuaskan & memenuhi keinginan & kebutuhan melalui proses pertukaran
2. Suatu usaha yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pembeli & penjual
3. Suatu kegiatan usaha yang mengarahkan aliran barang & jasa dari produsen ke konsumen
Seiring berjalannya waktu konsep pemasaran sendiri mengalami perkembangan, antara lain:
1. Konsep produksi yaitu perusahaan memiliki prinsip bahwa konsumen hanya ingin membeli produk yang murah sehingga perlu dilakukan efisiensi dalam kegiatan produksi di pabrik
2. Konsep produk yaitu perusahaan beranggapan bahwa masyarakat hanya ingin membeli produk-produk yang bermutu & berkualitas.
3. Konsep penjualan yaitu perusahaan melakukan upaya-upaya promosi yang gencar untuk dapat mempengaruhi konsumen agar mau membeli produk yang mereka jual
4. Konsep pemasaran yaitu perusahaan melakukan segala daya & upaya agar dapat memenuhi semua kebutuhan & keinginan pelanggan sehingga pelanggan tidak beralih membeli produk lainnya
5. Konsep sosial yaitu perusahaan melakukan kegiatan pemasaran dengan memperhatikan juga keadaan lingkungan sekitar, misalnya beli produk A maka konsumen yang membeli telah menyumbangkan Rp500,- untuk kaum dhuafa
6. Konsep pasar yaitu perusahaan tidak hanya berusaha untuk memenuhi kebutuhan & keinginan pelanggan, tetapi juga berkompetisi dengan produk-produk yang lainnya supaya produk yang dijual tetap eksis & disukai masyarakat
Dari keenam konsep di atas maka konsep kelima & keenamlah yang sedang dipakai oleh perusahaan-perusahaan di masa kini.
Di dalam kegiatan pemasaran ada 4 aspek yang mempengaruhi yaitu 4P:
1. Product
2. Price
3. Place (saluran distribusi)
4. Promotion
Sistem di dalam pemasaran pada intinya adalah terdapat pola hubungan dari pelaku-pelaku kegiatan pemasaran yang memiliki tujuan transaksional tertentu, antara lain:
1. Meningkatkan konsumsi masyarakat yang maksimum
2. Meningkatkan kepuasan masyarakat yang maksimum
3. Meningkatkan pilihan masyarakat yang maksimum
4. Meningkatkan kualitas hidup konsumen yang maksimum
Pendekatan studi pemasaran:
1. Pendekatan serba barang, artinya pemasaran dipelajari dari segi barang yang dipasarkan
2. Pendekatan serba fungsi, artinya pemasaran dipelajari dari segi kegiatan, ada 3 macam:
a. Fungsi pertukaran, meliputi: pembelian & penjualan
b. Fungsi penyediaan fisik, meliputi: pengangkutan & penyimpanan
c. Fungsi penunjang, meliputi: pembelanjaan, penanggung resiko, standardisasi barang, grading, pengumpulan info pasar
3. Pendekatan serba lembaga
4. Pendekatan serba manajemen
5. Pendekatan sistem total
Sumber: Dasar Pemasaran, Teguh Budiarto (Univ. Gunadarma)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar